Menggambar Objek

Menggambar Bentuk Sederhana

Aktifkan  Flash MX dan perhatikan Toolbox yang tersedia pada kiri tampilan. Untuk menggambar suatu objek maka terlebih dahulu harus mengenal tools yang ada pada Flash MX.

Tools

Arrow Tool : digunakan untuk memilih objek. | Sub Select Tool : Untuk memodifikasi sebuah garis yang dibuat dengan pen tool. | Line Tool : Alat untuk membuat garis. | Lasso Tool : Memilih suatu area secara tidak teratur / bebas. | Pen Tool : Alat untuk menggambar garis bersambung. | Text Tool : Membuat objek tulisan. | Oval Tool : Alat untuk membuat objek elips. | Rectangle Tool : Membuat objek bentuk persegi. | Pencil Tool : Alat untuk membuat garis aau titik secaa bebas. | Brush Tool : Menggambar dengan kuas secara bebas. | Free Transform Tool : Memodifikasi  bentuk dari objek. | Fill Transform Tool : Memodifikasi bentuk dan posisi dari gradient fills. | Bottle Tool : Mewarnai suatu garis. | Paint Bucket Tool : Memodifikasi warna dan gradasi warna didalam suatu objek. | Eye Dropper Tool : Mengambil warna dari suatu objek yang kemudian bisa dipakai untuk objek lain dengan warna yang sama. | Erase Tool : Menghapus suatu gambar. | Hand Tool : Untuk menggeser stage secara bebas. | Zoom Tool : Untuk melihat perbesaran gambar. | Stroke Color : Untuk memiih warna ketika menggambar garis. | Swap Color : Membalik warna garis atau isi suatu objek. |  Fill Color : Mengisi warna pada bagian objek yang sedang digambar. | No Color : Menghilangkan warna dari objek. | Default Colors : Mengembalikan stroke menjadi warnaasal hitam pada stroke dan putih pada fill. | Option Panel : Pilihan untuk memodifikasi efek dari tools yang kita pilih.

Menggambar Garis

Aktifkan atau klik Line Tool  pada Toolbox. Tempatkan pada Stage. Klik mouse pada posisi yang diinginkan lalu drag untuk menarik garis lurus. Setelah diperoleh panjang garis yang diinginkan, lepaskan tombol mouse. Akan terlihat tampilan garis.

Menggambar Lingkaran

Aktifkan atau klik Oval Tool  pada Toolbox. Tempatkan pada Stage. Klik mouse pada posisi yang diinginkan lalu drag untuk membuat lingkaran. Lepaskan pada posisi dimana objek tersebut besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan. Akan terlihat tampilan lingkaran.

Menggambar Segitiga

Aktifkan atau klik Line Tool  pada Toolbox. Tempatkan pada Stage. Klik mouse pada posisi yang diinginkan lalu drag untuk menarik garis lurus. Setelah diperoleh panjang garis yang diinginkan, lepaskan tombol mouse. 

Lanjutkan membuat garis lurus yang kedua. Klik diujung garis pertama lalu drag untuk menarik garis lurus yang kedua. Setelah diperoleh panjang yang diinginkan,lepaskan tombol mouse. Hasilnya garis lurus kedua akan tampil.

Terakhir, buat garis lurus ketiga dengan cara mengklik ujung garis yang kedua lalu drag ke ujung garis yang pertama, lepaskan tombol mouse untuk menampilkan garis lurus yang ketiga. Sekarang akan terlihat tampilan segitiga.

Menggambar Segiempat

Aktifkan atau klik Rectangle Tool  pada Toolbox. Tempatkan pada Stage. Klik mouse pada posisi yang diinginkan lalu drag untuk membuat lingkaran. Lepaskan pada posisi dimana objek tersebut besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan. Akan terlihat tampilan segiempat.

Membuat Warna pada Objek

Setelah kita membuat objek segitiga, oval maupun segiempat, maka langkah selanjutnya adalah memberi warna pada objek tersebut. Klik Paint Bucket Tool pada ToolBox. Tempatkan pada daerah dalam objek yangakan dibuat warnanya.

Mengatur Ukuran Tampilan Gambar

Aktifkan Objek yang akan diatur ukurannya baik diperbesar maupun diperkecil dengan cara mengklik Arrow Tool lalu klik daerah dalam pada objek.  

Setelah terseleksi objek yang akan diperbesar maupun diperkecil, lalu klik Free Transform Tool pada Toolbox. Akan tampil objek yang terseleksi dengan tanda titik-titik pada bagian garis objek.

Perbesar atau perkecillah objek tersebut dengan cara menggeser titik-titik tersebut sesuai dengan keinginan.

Menggunakan Ruler dan Grid

Terkadang didalam membuat suatu objek kita memerlukan bantuan untuk menentukan ukuran sesuai dengan ukuran yang ada seperti rules dan Grid.

Aktifkan Ruler dengan cara klik View > Rulers pada Menu Bar

Aktifkan Grid dengan cara klik View > Grid > Show Grid

Menyimpan Dokumen Flash

Setelah Objek dibuat maka langkah selanjutnya adalah dengan menyimpan objek tersebut dengan cara Klik File > Save As. Akan terlihat tampilan seperti :

Isikan nama file pada kotak kosong File name. Klik tombol  Save.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: